Home / Artikel / Intip Kesalahan Yang Sering Dilakukan Developer Properti Saat Ini

Intip Kesalahan Yang Sering Dilakukan Developer Properti Saat Ini

Nataproptech.com, Tangerang - Semua orang membutuhkan tempat tinggal, maka dari itu di era teknologi saat ini, semakin banyak pengembang atau developer properti terbaik di Indonesia yang berlomba-lomba dalam mengembangkan bisnisnya untuk menghasilkan properti baik dalam bentuk apartemen maupun rumah tapak. Namun, developer properti juga manusia biasa yang sering melakukan kesalahan, khususnya pada perencanaan dan hasil akhir dari properti tersebut.

Menjadi developer properti memang tidak mudah, karena dibutuhkan modal, perencanaan, dan dukungan dari berbagai pihak agar nantinya bisa menghasilkan hunian yang bisa dinikmati oleh semua orang. Developer tentu tidak bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang nantinya bisa berdampak pada kerugian, namun Anda sebagai pemula dan berniat mengembangkan properti mesti tahu dan mempelajari bagaimana caranya menjadi pengembang yang terbaik. Maka dari itu, kenali beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh developer properti berikut ini.

1. Kurangnya Persiapan

Developer yang terburu-buru dalam merencanakan sebuah properti nantinya tidak akan lancar pada hasil akhirnya. Begitu banyak developer yang terburu-buru dalam pengerjaan dan juga planning yang kurang matang. Hasilnya? properti yang tanpa perencanaan hanya akan sebatas wacana saja, karena kurang nya persiapan bisa saja properti tersebut hanya sekedar promosi semata, sementara pembangunan dan hasil akhirnya tidaklah maksimal.

2. Lokasi yang Salah

Pernahkah Anda melihat developer properti di Indonesia yang awalnya memilih mendirikan properti di satu lokasi kemudian beberapa bulan kedepan lokasi tersebut pindah? Nah, developer properti seperti inilah yang melakukan kesalahan pada penetapan lokasinya. Hal ini kembali lagi kepada perencanaan awal, pastikan jika Anda developer properti pemula yang ingin merencanakan sebuah properti memilih tanah yang bagus, tanpa sengketa dan nantinya proses perijinan nya bisa dilakukan dengan lancar. Pemilihan lokasi ini juga berlaku nantinya untuk sebagai nilai jual hunian, karena konsumen akan melihat seberapa strategis dan bagusnya lokasi tersebut untuk mobilitas sehari-hari.

3. Mengabaikan Kualitas

Perencanaan sudah matang, tanah sudah memilih di lokasi yang terbaik, pembangunan berjalan dengan lancar, namun kualitas dari bangunan nya sama sekali tidak Anda perhatikan. Hati-hati, kesalahan seperti ini sering terjadi pada developer properti. Kualitas yang dimaksud disini adalah penyangga-penyangga beridirinya bangunan properti tersebut, mulai dari rangka atap, bata dinding, pondasi dan lain-lain. Patut diperhatikan kualitas bahan bangunan yang akan dipilih, karena nanti jika sudah berdiri tegak, properti yang tidak memperhatikan hal tersebut hanya akan bertahan beberapa tahun saja sebelum roboh karena kredibilitasnya tidak terjaga.

4. Berhutang

Nah, ini yang paling penting. Sebagai developer properti Anda sudah sewajarnya diharuskan memiliki modal yang besar agar nantinya pembangunan properti berjalan dengan lancar. Meskipun keuntungan akhirnya properti cukup tinggi, namun Anda bisa memulai perencanaan dengan bijak mengelola keuangan. Hindari hutang yang besar untuk membangun kerajaan properti, karena nantinya dari hutang tersebut bisa berbalik menyerang keuangan Anda yang menghasilkan terbengkalainya progress dari properti itu sendiri. 

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang sudah sepatutnya Anda hindari sebagai developer properti. Menjadi seorang pengembang memang tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras, perencanaan dan dedikasi yang tinggi. Jika hal-hal diatas terhindari, bisa dipastikan properti Anda akan mengalami kemajuan yang pesat dan perencanaan akhir nya pun akan sesuai dengan schedule yang sudah Anda tetapkan. (TD)


What's On