Home / Artikel / Manfaat Potensial ERP Pada Apartemen dan Perumahan

Manfaat Potensial ERP Pada Apartemen dan Perumahan

NataProperty.com, Tangerang – Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) pada perusahaan properti dapat mengintegrasikan informasi dari seluruh bisnis yang berbeda. Sistem ERP ini menyediakan pengaturan sumber daya yang terpusat untuk menyederhanakan penyajian data-data sehingga nantinya akan memudahkan developer properti dalam menjual propertinya yang berupa rumah ataupun apartemen.

Sesuai namanya, Enterprise Resource Planning, ERP adalah software yang dapat membantu perusahaan dalam memetakan dan merencanakan pengelolaan berbagai macam sumber daya serta proses bisnis. Untuk perusahaan properti pun, sistem ini tentunya dapat membantu para developer dalam menjual properti yang dijualnya. Sehingga nantinya akan membantu para agen serta konsumen properti dalam proses transaksi jual beli properti. Sehingga nantinya software ERP ini akan mengintegrasikan keseluruhan informasi terkait fungsi-fungsi yang ada, seperti mengumpulkan data-datanya ke dalam satu pusat, dan menyajikannya kepada user dalam tampilan yang sederhana.

Dalam bisnis properti, tentunya sistem ERP ini memiliki beberapa manfaat yang potensial dalam penjualan apartemen dan perumahan. Karena sistem ERP ini akan memudahkan sebuah bisnis dalam pengambilan keputusan-keputusan yang bersifat strategis. Berikut ini manfaat potensial yang terdapat pada sistem ERP untuk para developer:

1.    Mempermudah pengendalian proses bisnis
Dalam bisnis properti, sistem ERP ini akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini tentunya akan mempermudah developer dalam melakukan pemantauan dan pengendanlian atas proses bisnis mereka. Disamping itu, sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas untuk seorang decision-maker agar nantinya dapat melakukan berbagai prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

Baca juga: Contoh Software ERP yang Tepat untuk Launching Apartemen

2.    Menyederhanakan proses bisnis
Sistem ERP ini sangat membantu perusahaan dalam merampingkan proses bisnisnya, terutama pada bisnis properti. Dengan adanya sistem ERP ini, alur kerja dapat berjalan secara halus dan komunikasi antar developer, agent dan juga calon konsumen properti Anda akan menjadi lebih baik lagi. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif. Best-practise yang terorganisir dalam sistem ini dapat memberikan dukungan operasional yang lebih baik dan kustomisasi yang lebih mudah.

3.    Meningkatkan efisiensi sumber daya manusia
Sistem ERP akan menyalurkan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan langsung oleh tim Anda. Sehingga nantinya tim Anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri. Mereka dapat fokus pada tugas utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan kemudahan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas agent dan memperbaiki pola kerja mereka.

Dengan adanya sistem ERP pada perusahaan developer properti ini dapat meningkatkan potensi dan membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Untuk menerapkan sistem ini pada perusahaan properti Anda, Anda perlu melakukan restrukturisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan properti Anda. Dengan kata lain, Anda perlu meninggalkan sistem yang lama, mengubah struktur operasional, dan mengelola perubahan. Sehingga manajemen proyek Anda akan berjalan lebih baik lagi kedepannya, dan nantinya Anda pun akan meraih kesuksesan dalam mengimplementasi sistem ERP pada perusahaan properti Anda. (SU)


What's On