Home / Artikel / Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Melakukan Bisnis

Mengapa Digital Marketing Sangat Penting untuk Melakukan Bisnis

NataProperty.com, Tangerang – Saat ini, banyak orang di belahan dunia manapun termasuk di Indonesia yang memiliki akses internet dimana saja dan kapan saja. Dalam era transformasi digital seperti sekarang ini, semakin banyak orang di Indonesia yang bisa mengakses informasi melalui komputer, tablet atau ponsel. Inilah kenapa digital marketing menjadi semakin penting untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan bisnis anda.

Apa yang para pebisnis harus ingat adalah bahwa setiap orang dapat mempengaruhi citra perusahaan mereka melalui sosial media dan Anda dapat yakin bahwa umpan balik pelanggan akan lebih dapat dipercaya bagi orang lain. Lalu, mengapa pemasaran digital kian menjadi penting dan memberi banyak manfaat bagi bisnis ?

Karena melalui sosial media serta dengan mengirimkan komentar positif, masukan tentang perusahaan / produk Anda (dan pelanggan Anda yang puas) dapat menarik pelanggan baru dan membangun hubungan jangka panjang. Tetapi berhati-hatilah! Ini bekerja dua arah! Pelanggan yang puas dapat membantu Anda, namun pelanggan yang tidak puas dapat membahayakan bisnis Anda dengan sangat serius.

Sebagai pemilik bisnis, Anda pun harus memastikan bahwa Anda memiliki strategi digital marketing yang efektif. Ini artinya, Anda harus mampu memiliki serangkaian rencana pemasaran melalui platform digital dengan dasar dan pengukuran yang jelas. Sebagai pemilik bisnis, yang perlu selalu Anda ingat dalam digital marketing adalah hal-hal sebagai berikut:

Dapatkan kejelasan perilaku konsumen online

Digital marketing yang terintegrasi akan melibatkan SEM (Search Engine Marketing) dan SMM (Social Media Marketing). Dapatkan pengukuran kinerja dan laporan analitik yang menjelaskan dari platform apa saja datangnya pengunjung ke website dan membeli produk melalui website anda. Ini akan bermanfaat untuk  mengukur efektivitas strategi digital marketing yang dilakukan mereka.


Dorong keterlibatan melalui media digital

Anda bisa mendapatkan klien baru misal melalui saluran Media Sosial. Saat melakukannya, pastikan Anda menyegmentasikannya ke dalam kelompok pelanggan yang berbeda sesuai dengan minat mereka. Nantinya, Anda akan bisa berinteraksi dengan mereka dan mendorong berbagai tindakan.

Pesaing Anda melakukan hal yang sama

Setiap tahun semakin banyak bisnis yang melepaskan metode periklanan tradisional dan fokus pada SEO, Google Adwords atau Social Media dengan menghabiskan banyak uang pada sumber daya ini. Inilah alasan mengapa pasar semakin kompetitif dan pemain besar unggul dari perusahaan kecil. Anda dapat memantau teknik dan strategi digital marketing yang dilakukan oleh para pesaing, dan membandingkan dengan strategi digital marketing anda.

Strategi, Kreatif dan inovatif

Penting untuk dipahami bahwa pemasaran digital tidak hanya berlaku untuk situs web Anda! Namun sebagian besar pemasar membuat situs web atau eCommerce dan berinvestasi di SEO dan / atau AdWords. Tapi untuk membuat bisnis Anda menonjol dari keramaian, Anda memerlukan strategi nyata yang menempatkan pelanggan potensial terlebih dahulu dan menggunakan semua alat yang ada untuk mendapatkannya. (SU)


What's On