Home / Artikel / Peran PropTech AI dalam Bisnis Properti

Peran PropTech AI dalam Bisnis Properti

Nataproperty.com, Tangerang – Pada momen masa sekarang yang serba modern dan milenial sekarang ini, banyak orang yang sudah mengenal istilah teknologi properti atau PropTech. PropTech memiliki peran besar dalam memberi konsumen atau investor yang akan membeli sebuah properti, baik itu berbentuk sebuah tanah, rumah, apartemen, villa, kondotel, dan lain sebagainya, visualisasi yang lebih jelas dan meyakinkan. Bentuk properti teknologi memang bermacam-macam, mulai dari yang sederhana seperti program pembantu manajemen data, manajemen keuangan, pengukur target pasar dan perkembangan ekonomi, dan masih banyak lagi. Namun dari semua pilihan itu, salah satu bentuk PropTech atau properti teknologi yang paling menarik perhatian adalah Artificial Intelligence! AI sendiri adalah A.I. yang merupakan singkatan dari Artificial Intelligence, yang berarti kecerdasan buatan. AI ini merupakan program pintar yang mampu berpikir seperti manusia dan membantu kita mengambil keputusan serta mengolah data seperti pekerja pada umumnya, dalam bentuk yang lebih efisien! Misalanya saja AI untuk alat hitung bisnis properti, dia akan mampu menghitung semua bentuk biaya, pemasukan, dan lain sebagainya dalam sekejap mata sesuai dengan data yang Anda masukkan ke tabel hitungan di komputer atau laptop! Walau cara kerja ini memang mirip dengan kalkulator, tapi AI jauh lebih cerdas karena mereka bisa mengolah rumus serta kondisi perhitungan serta faktor lain di luar angka yang lebih rumit dengan baik. Nata Property atau PropTech setuju bahwa bantuan AI ini akan membawa industri bisnis properti ke arah yang lebih baik.

AI tadi adalah salah satu jenis program yang paling sederhana, hanya memuat cara berhitung dan menetapkan kondisi tertentu untuk mendapatkan hasil secara cepat serta efisien. Kalau secara sederhana, bisa dianggap sebagai ‘manusia yang pandai berhitung, tapi bisa melakukannya secepat robot’. Walau pada dasarnya AI seperti ini tidak digunakan untuk industri properti saja, tapi AI juga bisa memuat banyak fungsi di bidang properti teknologi, seperti menghitung luas bangunan, biayanya, serta jarak fasilitas dan lain-lain dengan sangat cepat. Memang PropTech AI itu sendiri sudah berkembang lebih luas dari sekedar fungsi berhitung, seperti PropTech AI yang mampu menggambar sendiri diagram rumah tipe tertentu sebagai contoh untuk Anda. Selain itu ada pula PropTech AI yang bisa memberi Anda saran (secara tertulis maupun verbal), dalam bentuk AI assistant, dengan Google Assitant sebagai salah satu contohnya.

Walau rumit, peran PropTech AI dalam bisnis properti sangat besar untuk menghemat waktu serta biaya dalam proses produksi. Nata Property atau Nata PropTech akan membahas lebih jauh hal ini di lain kesempatan!


What's On